Senin, 10 Oktober 2016

Membaca buku? gak ngebosenin kok! :D

Haii jumpa lagi bersama saya di blog Speak Up Your Mind. Nah pada kesempatan ini, saya akan bawakan sebuah artikel yang gak kalah seru nih.. yang bertemakan "Minat Baca di SMK Wikrama Bogor". Oke langsung aja..





Membaca, hmm apasih yang muncul dipikiran kalian ketika mendengar kata tersebut? membosankan? melelahkan? atau membuat kita mengantuk? ya betul! bagi sebagian orang pasti pernah merasa seperti itu. Tetapi, membaca itu banyak manfaat nya lhoo.. ada yang tau apa manfaat nya? ya, bisa sebagai hiburan dan referensi atau menambah ilmu. Sebagai contoh, sekarang ini sudah diberlakukan program "Literasi Sekolah" yang mengharuskan untuk setiap siswa di sekolah membawa buku bacaan pribadi. SMK Wikrama Bogor lah salah satu sekolah yang sudah menjalankan program tersebut kurang lebih selama 3 bulan. Lalu apa respon para siswa di sekolah tersebut? dan apa dampak dari program tersebut bagi setiap murid?


Dari pengamatan saya selama program tersebut berlangsung, saya menemukan bermacam-macam tanggapan berbeda dari setiap murid nya, dan di artikel ini saya akan mengulas beberapa diantaranya.
  1. Menjadi bahan "Refreshing" dikala otak sedang "Ngebul". 
Nah bagi murid yang selalu mumet atau pusing dengan pelajaran yang mereka pelajari, Program Gerakan Literasi Sekolah ini lah menjadi pelarian mereka untuk menenangkan diri. Meskipun hanya 5 menit, mereka merasa bahwa otak yang sedang "ngebul" bisa menajadi "fresh" kembali. Mengapa demikian? karena buku yang mereka baca adalah buku yang mereka sukai atau mereka gemari genre nya. Bagi kalangan murid perempuan, mungkin banyak buku yang bergenrekan Teenlit yang menceritakan kisah-kisah cinta dan romantis yang membuat mereka menjadi meningkat mood nya dan menjadi fresh. Nah untuka kalangan murid laki-laki, mungkin banyak buku yang bergenrekan comedy atau teka-teki. Karena genre tersebut lah mereka para murid laki-laki menjadi senang dan tidak mumet terutama untuk genre comedy yang bisa membuat pemabaca nya tertawa terbahak-bahak.

       2. Sebagai penunda mengerjakan tugas

Hmm untuk yang satu ini memang tidak baik sih. Tapi nyata nya bagi mereka murid yang pemalas akan memanfaatkan waktu tersebut untuk menunda pekerjaan yang diberikan oleh guru di kelas. Nah untuk para pembaca saya harap jangan mencontoh hal ini yah.

       3. Untuk "Modus" ke lawan jenis

"Kisah kasih di sekolah" itu lah salah satu judul lagu yang sempat populer di sekolah. Untuk para siswa di SMA/SMK sudah pastinya mereka sudah menginjak di masa pubertasi yang dimana pada masa itu "katanya" gejolak cinta yang menggebu-gebu sedang tinggi-tingginya. Mereka bisa saja menggunakan kesempatan tersebut untuk "modus" ke lawan jenis dengan cara meminjamkan buku bacaan milik mereka. Dan saya tekankan kembali bahwa hal ini pun tidak baik pula, so jangan mengikuti nya yah.

      4. Menambah Referensi, Pengetahuan, dan Kreatifitas

Nah hal ini nih yang sangat penting dari manfaat minat baca. Karena dengan mambaca kita dapat menambah pengetahuan, kreatifitas dan daya imajinasi kita untuk berkarya dan menciptakan suatu hal yang baru. Bisa saja seorang murid karena sering membaca buku bacaan yang ia bawa ke sekolah setiap hari, ia menjadi terinspirasi untuk mengarang buku/novel pula.
Banyak kemungkinan seorang murid untuk berkarya khusus nya dibidang seni atau sastra.


Nah itu semua adalah dampak dari Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca di sekolah tersebut. Mungkin hanya cukup sampai disini ulasa dari saya dan insya'allah saya akan membawakan artikel-artikel yang tidak kalah penting dari ini.

Pepatah mengatakan, "Buku adalah jembatan Ilmu"
Terimakasih karena sudah membaca artikel saya, samapai jumpa di artikel selanjut nya.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar