Selasa, 24 Oktober 2017

, , , ,

Pemrograman Berorientasi Objek #1



Assalamu’alaikum.. Yoo yoo what’s up Agan n’ Sista dimana anda berada 😁 balik lagi nih sama saya di Blog yang keren ini wkwk :v *lah malah muji blog sendiri,- .
“Min, kemana aja nih? Kok lama gak muncul sih?”
Wkwk kan di Introducing udah dibilangin kalau mimin masih sekolah :v tapi sekarang udah kelas XI dumss :v *horee . Nah kebetulan juga kalau aku disekolah itu lumayan sibuk :v *huh dasar sok sibuk 😒, jadi jarang buka blog deh :’v .
Oke jadi setelah sekian lama gak pernah posting artikel lagi di blog ini, aku mau bawain artikel keren nih dan kebetulan karena aku sekolah di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) jadi aku ngasih sedikit info about Object Oriented Programming (*alah sok inggris :v) atau biasa kita orang Indonesia kenal yaitu Pemrograman Berorientasi Objek. Nah jadi di artikel kali ini berhubungan dengan Programming guys :D jadi bagi temen-temen sekalian yang memang suka programming khususnya berbasis dekstop kalau baca ini ga bakal sia-sia deh karena ini cukup bermanfaat buat kalian guys. Lha terus kalau yang ga suka programming gimana? Ga usah baca? Yaa engga juga keleuz.. Kalian boleh kok baca ini, bahkan sangat dianjurkan baca ini. Buat apa? Yaa buat nambah pengetahuan kalian lah :v jadi ga malu-maluin banget kan kalau ada temen nanya about programming ke kalian terus kalian bisa jawab deh.. malah jadi keren wkwk :v tapi maaf yaa bagi kalian yang masih sangat awam kalau nanti baca ini kalian bakal menemukan kalimat/kata yang asing :v bisa di search sendiri deh biar lebih jelas. Oke gan n’ sist, Check this out!


·         Pengertian OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

·         Pengertian Class adalah merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant
dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.

·         Pengertian Objek adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.

Pengertian dari sumber lain:  Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap
sebagai sebuah objek. Jika perhatikan lebih lanjut, pada dasarnya ada dua karakteristik yang utama pada sebuah objek , yaitu :
-Setiap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
-Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.

Contoh sederhananya adalah : objek sepeda
Sepeda memiliki atribut ( state ) : pedal, roda, jeruji, dan warna.
Sepeda memiliki tingkah laku ( behaviour ) : kecepatannya menaik,
kecepatannya menurun, dan perpindahan gigi sepeda.
Dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, objek
dalam perangkat lunak akan menyimpan state-nya dalam variabel dan
menyimpan informasi tingkah laku ( behaviour ) dalam method-method atau
fungsi-fungsi/prosedur.

·         Pengertian Method adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh
suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.

Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta
berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.

Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode.

Untuk menjalankan program yang memiliki sifat polymorphism tersebut, diperlukan suatu kemampuan overloading, yaitu suatu kemampuan untuk menentukan fungsi yang mana yang harus digunakan atau dijalankan jika terdapat nama fungsi yang sama. Polimorfisme bisa diartikan seperti kemampuan suatu variable untuk mengubah perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. Polimorfisme membiarkan lebih dari 1 objek dari sub class sub class dan diperlakukan sebagai objek dari super class tunggal.
Contoh:
Mahasiswa cowok = new anakSI();
cowok.methodKU( Rafi );
Mahasiswa cewek = new anakTI();
cewek.mothodKU( Merta );

Outputnya:
-Methodku dengan parameter dengan nilai Rafi di class anakSI telah dipanggil
-Methodku dengan parameter dengan nilai Merta di class anakTI telah dipanggil

·         Pengertian Behavior adalah tingkah laku yang dapat dilakukan oleh objek, behavior adalah kelakuan atau sifat dari Object seperti mobil tadi bisa melaju, membelok, membunyikan klakson dan lain sebagainya

·         Pengertian Construktor adalah Constructor merupakan suatu method yang akan memberikan nilai awal pada saat suatu objek dibuat. Pada saat program dijalankan, constructor akan langsung memberikan nilai awal pada saat perintah new, membuat suatu objek
Pada saat kita bekerja dengan constructor, hal mendasar yang perlu diperhatikan, yaitu :

Nama Constructor sama dengan nama Class.
Tidak ada return type yang diberikan kedalam Constructor Signature.
Tidak ada return stetement, didalam tubuh constructor.


·         Constructor Overloading

Overloading adalah suatu cara membuat lebih dari constructor pada suatu class. Supaya pengaksesan constructor tersebut lancar, maka sebagai pembedanya adalah tipe parameter dan atau jumlah parameternya

Polymorphism adalah suatu obyek yang memiliki sifat yang sama dengan parent nya atau pada class nya sendiri. Sifat obyeknya ini bisa dalam bentuk yang berbeda-beda (sesuai dengan namanya = “poly”). Pada Polymorphism, bisa terjadi banyak perubahan sifat pada subclass nya.

Polymorphism mempunyai 2 bentuk polymorphism yaitu:
1. Override
     Override merupakan pendefinisian ulang suatu metode oleh subclass. Syarat Override yaitu nama metode, return type, dan parameter harus sama. Jika tidak sama maka bukan dianggap sebagai override tetapi metode yang baru pada subclass.
2. Overload
     Overload merupakan pendefinisian ulang suatu metode dalam class yang sama. Syarat overload yaitu nama metode dan tipe parameter harus berbeda dalam class yang sama. Pada class anjing terdapat overload pada metode suara.

·         Inheritance adalah konsep pemrograman berorientasi object yang memungkinkan membuat hubungan di mana ada class yang mewarisi semua attribute dan method dari class lain. Class baru yang lebih spesifik disebut subclass atau class turunan, sedangkan class yang diturunkan disebut superclass.



·         Sumber:
http://blog.ub.ac.id/home/pengertian-dari-oop-class-method-behavior-dan-constructor/comment-page-1/
http://ponggara.wordpress.com/mk/s-4/pbo/tugas-pbo/
*le ekspresi kalian pas ngoding :v

Nah lumayan rumit kan guys? Lebih rumit mana? Perempuan atau pemrogramman? Wkwk sama-sama rumit yaa :v *ketawa jahat in hidden. Jadi temen-temen sekalian udah tau yaa sedikit ilmu about programming :D Congrats yaa :v wkwk. Jadi cukup sekian dulu artikel/postingan dari aku, karena kalau dilanjut nanti pada mual-mual lagi haha. Semoga bermanfaat buat temen-temen agan n’ sista sekalian dan juga semoga berguna untuk kemajuan bangsa dan negara *ehh.
Akhir kata dari mimin, See you on next post! 😍  Dadah ! Salam Jomblo!
#JombloMulia #JombloTapiBisaNgoding #JombloMemajukanBangsadanNegara :v
Share:

0 komentar:

Posting Komentar